masalah pelecehan seksual

Menangkal Syahwat di Angkutan Umum
ImageKasus pelecehan seks kembali marak di angkutan umum di Jakarta.   Kenyamanan  dan keamanan di angkutan umum pun dipertanyakan. Kasus ini merebak karena lemahnya sanksi hukum, padahal pelecehan seksual telah merampas hak seseorang.

Maraknya pelecehan seksual di angkutan umum di Jakarta terjadi di moda angkutan mana saja. Hanya, tidak banyak kasus yang muncul ke permukaan karena korban biasanya mendiamkan saja. Bukan hanya di busway, pelecehan juga sering terjadi di kereta api listrik Jabotabek, yang nota bene tidak pernah sepi dari penumpang.

Seorang penumpang busway Transjakarta ini melaporkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya ke polisi. Ts, 19 tahun, dilecehkan saat busway dalam kondisi penuh. Pelakunya, Na, terpaksa harus berurusan dengan hukum. 

Kasus perbuatan tidak senonoh di angkutan busway bukan pertama kali. Dua pekan sebelumnya, kasus serupa juga menimpa dn, penumpang  busway tujuan Blok M-Kota. Korban sempat  bereaksi dengan memukul pelaku kasus ini juga ditangani polisi. 

Tidak bisa dipungkiri, setelah enam tahun beroperasi, angkutan  busway semakin dibutuhkan warga sebagai transportasi alternatif. Namun, eksklusivitas busway sebagai angkutan paling nyaman dan aman di ibukota ternodai setelah terjadinya aksi pelecehan terhadap penumpang wanita. 

Upaya pemisahan antrian penumpang laki-laki dan wanita di halte busway terbukti tak efektif. Pemisahan hanya berlaku di halte, bukan di dalam busway. Akibatnya, aksi  perbuatan tak senonoh ini sulit diredam. 

Kasus pelecehan seksual di dalam angkutan umum hanyalah puncak gunung es dari semrawutnya penataan transportasi di ibukota. Bukan cuma busway, di kereta api dan bis umum kasus serupa sering terjadi. Pelakunya datang dari usia remaja hingga tua dengan modusnya beragam, mulai dari sekedar berkomentar verbal yang bersifat seksual hingga menyentuh bagian tubuh korban.

Tips Aman Naik Angkutan Umum

  • Hindari angkutan umum yang penuh dan sesak  
  • Jangan bergerombol di dekat pintu
  • Hindari berpakaian seronok
  • Usahakan tidak bergerombol di dalam angkutan umum
  • Laporkan jika mendapat perlakuan tak senonoh

Kondisi transportasi massal yang sesak dan padat membuat peluang kasus pelecehan muncul. Jumlah penumpang yang tinggi tak diimbangi ketersediaan armada. 

Lihat saja kondisi kereta api listrik Jabotabek, terutama untuk kelas ekonomi. Tidak pernah ada kata sepi untuk KRL jenis ini. Tak pelak kondisi ini membuat kasus-kasus pelecehan sering terjadi. Tapi lagi-lagi konsumen tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi demikian, karena memang tidak ada pilihan lain.

Di lain pihak, jerat hukum bagi pelaku juga terhitung ringan. Sementara korban enggan melapor ke polisi. 

Pengelola angkutan umum mengaku kesulitan mencegah pelecehan seksual terhadap penumpangnya. Badan layanan umum busway, misalnya, sudah berikhtiar mencari solusi meredam kasus tersebut. 

Selain memisah antrian penumpang, pengelola juga menempel stiker bahaya  pelecehan seksual di  badan busway dan menempatkan petugas keamanan di dalam dan luar kendaraan. 

Di tengah buruknya penataan angkutan umum, peluang untuk muncul kembali kasus pelecehan seksual biasa terjadi.  Kerjasama antar penumpang dan petugas keamanan diperlukan sehingga kasus ini bisa diredam.*** 

http://news.mnctv.com/index.php?option=com_content&task=view&id=5547&Itemid=23

pendapat : menurut saya jika ingin naik angkutan umum gunakan pakaian yang sopan dan tidak mengundang nafsu para kaum adam. jangan menaiki angkutan umum yang penuh sesak.

Tentang zaenurisofyan

this is my life this is my rules
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s