PUTIH ABU ABU

Masih teringat di benak, masa masa mengenyam bangku Sekolah Menengah Atas atau yang sering disebut SMA. Tempat dimana saat saat kita mencari jati diri kita yang sebenarnya. Tempat merasakan kejamnya dunia seragam PUTIH ABU ABU. Seragam yang menjadi kebanggaan ketika kita memakainya. Kelam, suram, bahagia, dan kesedihan tertuangkan dalam masa masa SMA.

Masa masa SMA adalah masa masa yang sangat berkesan menurut saya seumur hidup. Banyak hal hal yang terjadi pada masa masa ini. Berawal dari mencoba rokok. Yang awalnya hanya coba coba sebatang, lalu keterusan dan menjadi kebiasaan. Berbagai macam rokok telah dicoba. Dari awalnya beli ketengan dan berakhir dengan beli bungkusan.

Bukan hal yang tabu masa SMA terjadi tawuran antar sekolah. Dengan bermodalkan benda tajam seperti, gear, pisau, pedang, golok atau yang lainnya. Dengan bangganya menyerang sekolah lain demi menaikan popularitas sekolah kita. Membajak kopaja ataupun metromini yang dijadikan kendaraan gratis menuju sekolahan yang akan kita serang.

Banyak hal yang terjadi akibat tawuran. Yang sering terjadi ialah, ditangkap polisi. Dibawa ke kantor polisi, di introgasi, di gledah sampai yang paling gak ngenakin itu di gebukin di kantor polisi. Akibat lainnya yaitu digebukin musuh ampe kita berdarah darah entah apa yang terluka. Digebukin warga, dijekar kejar warga, di tonjok tukang ojek, di tending satpam komplek. Tetapi semua ini tidak membuat pelajar sekolah SMA jera.

Akibat dari tawuran gak selesai sampai disini, setelah masuk sekolah dapet surat pemanggilan orang tua karena tawuran. Syukur syukur kita Cuma orang tua yang di panggil. Hukuman yang lebih berat iyalah di skorsing oleh pihak sekolahan. Yaa rata rata sih skorsing Antara 3-7 hari. Akibat palong fatal dari tawuran ialah di DO atau Drop Out, atau yang sering kita sebut dikeluarin dari sekolah.

Merokok di kamar mandi, di kantin, di parkiran sering terjadi di masa masa SMA. Tidak jarang ada guru yang memergoki siswa yang segang merokok di lingkungan sekolah. Yaaa dan pada akhirnya di panggil ke ruang guru, di introgasi dan diberikan surat pemanggilan orang tua karena ulah kita.

Pacaran dengan lawan jenis dalam 1 kelas ataupun 1 sekolah. Sering terjadi di masa masa SMA. Biasanya siswa pria yang mulai angkat bicara(konotasi) di sekolahan Lalu meminta nomer HP dan account media social. Dan berlanjut menjadi hubungan yang serius yang dinamakan pacaran. Yaa gak semuanya berjalan cepat sih prosesnya. Banyak juga yang harus berusaha dulu, baru mendapatkan pujaan hati.

Cabut jam pelajaran, adalah hobi di masa masa SMA. Entah cabut pelajaran keluar sekolah atau siswa hanya makan(denotasi) aja di kantin, di masjid ataupun di aula sekolah. Kalau bagi cowonya sih ini sudah lumrah terjadi, karena biasanya laki laki paling males kalo disuruh belajar, apalagi ketemu guru yang super nyebelin. Makin jadi deh tingkat kemalasan.

Biasanya laki laki kalau cabut pelajaran itu main futsal di lapangan sekolah. Berawal dari ising iseng main, dan berakhir dengan taruhan sering terjadi. Tidak jarang siswa kena olemelan guru yang sedang mengajar. Tidak semua kegiatan siswa SMA itu negatif, banyak yang positif seperti. Ber olah raga, bermusik dan belajar pastinya. Yang membuat siswa bias meningkatkan nama sekolah dengan sering mengikuti lomba.

Pada masa SMA biasanya terbagi 2 jurusan. Yaitu jurusan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan social (umum & khusus). 4 kelas IPS lebih banyak daripada kelas IPA yang lebih sedikit (antonim) yaitu 3 kelas, dikarenakan siswa banyak yang tidak mau bertemu dengan pelajaran fisika dan kimia. Terdapat banyak perbedaan karakter siswa di 2 jurusan tersebut. Kebanyakan yang memilih jurusan IPA itu lebih rajin dan giat(sinonim) masuk sekolah dari pada anak anak jurusan IPS.

Banyak kegiatan yang diadakan pada masa SMA. Diantaranya OSPEK, LDKS, PENSI atau Pentas Seni, pesantren kilat, MAKRAB dan Sahur On The Road atau yang sering di sebut SOTR. Kegiatan ini tidak semuanya diselenggarakan atau persetujuan sekolah. Sebagian kegiatan ini diselenggarakan oleh siswa sendiri dengan meminta bantuan para senior.

OSPEK. Ospek ialah kegiatan pengenalan sekolah yang diberikan kepada siswa baru di sekolah. Biasanya ospek diselenggarakan atas persetujuan sekolah. Di dalam kegiatan ospek biasanya, siswa baru dituntut untuk melakukan atau menggunakan pakaian dan tampilan yang sudah di tentukan oleh panitia ospek, yang biasanya senior kelas XI. Ospek biasanya diselenggarakan selama 3 hari di sekolah.

LDKS. Ldks ialah kegiatan sekolah yang diselenggarakan oleh badan Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS. Kegiatan ini biasanya adalah kegiatan untuk menjadi anggota baru OSIS. Dan kegiatan ini biasanya dilaksanakan diluar sekolah dan atas persetujuan sekolah. Kegiatan ini juga diselenggaraan 3 hari.

Pentas Seni, atau yang sering disebut dengan PENSI ini adalah kegiatan sekolah untuk menyalurkan bakat dan kreatif siswa. Pensi ini berisi pentas music dan tari. Biasanya siswa lebih berminat untuk mengisi acara dengan band. Dan pensi biasanya bersifat umum. Jadi sekolah manapun boleh ikut menikmati.

Kegiatan lain yaitu pesantren kilat. Kalau saya dulu SMA sih pesantren kilat diselenggarakan di Asrama Haji Pondok gede. Di kegiatan ini banyak aktivitas yang di lakukan. Banyak hal positif yang terjadi pada kegiatan ini misalnya, siswa jadi rajin sholat, menambah wawasan tentang islam, memperlancar membaca alquran, dll.

Malam Keakraban. Atau yang sering disebut dengan MAKRAB. Kegiatan makrab biasanya tanpa persetujuan dari pihak sekolah. Karena kegiatan ini biasanya diselenggarakan oleh mahasiswa itu sendiri. Makrab biasanya bertujuan untuk menyatukan satu angkatan, agar mereka saling kenal. Dan tujuan akhirnya ialah memperkokoh solidaritas.

Di dalam makrab biasanya ada aktifitas jurit malam. Biasnya jurit mala mini dilaksanakan di tengah hutan yang gelap, dan peserta dibagi beberapa kelompok. Di dalam jurit malam dituntut untuk mencari jalan keluar di dalam suatu hutan yang hanya berisi kelompok kita saja, dan biasanya para senior kita sudah siap untuk menakut nakuti kita.

Sahur On The Road, atau yang dikenal dengan SOTR. Ialah kegiatan amal yang dilakukan pada bulan ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk membagikan makanan sahur kepada anak anak jalanan yang berada dipinggir pinggir jalanan. Kegiatan ini biasanya dimulai pada malam hari. Banyak anak anak sekolah SMA lain yang melakukan kegiatan SOTR ini dan kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan ramadhan.

Ketika kita sudah menginjakan kaki di kelas XII, kegiatan yang di lakukan sudahlah tidak sebanyak dulu. Karena sudah harus mempersiapkan ujian kelulusan yang disebut UJIAN NASIONAL. Siswa wajib mengikuti kegiatan pendalaman materi untuk persiapan menghadapi ujian nasional yang biasanya diselenggarakan bulan maret atau april.

Kebersamaan kekompakan dan solidaritas yang membuat putih abu abu tetap jadi kenangan. Jika diperbolehkan, saya mau kembali ke masa masa SMA masa masa dimana terjadi hanya sekali seumur hidup. Banyak kenangan yang tak bias terlupakan di masa ini.

Jika melihat buku tahunan, rasanya ingin bertemu teman teman SMA lagi. Semua kegiatan yang selalu dilakukan bersama sama. Kemanapun dimanapun dan kapanpun. Solidarity for unity, slogan kepedulian untuk kesatuan persahabatan yang erat walaupun waktu sudah jauh berlalu.

Pengumuman kelulusan UJIAN NASIONAL adalah tahap akhir penantian selama 3 tahun mendekap di sekolah sma. Sebuah nilai akhir sebagai pencapaian tertinggi di bangku sekolah. Sebuah pencapaian yang tidak ternilai harganya. Sebuah kebanggaan terasa setelah pernyataan “LULUS” di dapat. Sujud syukur atas kehadirat allah.swt.

Seperti tradisi tahun tahun sebelumnya. Kelulusan sekolah menengah atas di ekspresikan dengan kegiatan konvoi dan aksi coret coret baju sekolah dan foto foto bersama 1 angkatan sekolah. Mencoret coret tembok umum mengatas namakan sekolah lulus 100% atau yang lain, sebagai ungkapan kegembiraan.

Semoga saya bias bertemu mereka, teman SMA ku. Semoga kalian berhasil menjalani hidup dan menjadi orang yang berguna untuk orang tua, bangsa dan Negara.

Wasallamualaikum.wr.wb..

Tentang zaenurisofyan

this is my life this is my rules
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s